Jumat, 10 Februari 2012

Sekilas Tentang Valentine, dan Gambaran Hukum Merayakannya bagi Muslim

Bismillahirahmanirrahim......
Sahabatku sekalian... kalau bicara soall Valentine, sebenarnya ada banyak artikel yang membahas tentang ini diinternet,,, berikut adalah rangkuman dari artikel2 yang saya baca di internet,,
Asal Mula Valentine
menurut The Encyclopedia Britannica , vol. 12, sub judul: Christianity) Agar lebih mendekatkan lagi pada ajaran Kristen, pada 496 M Paus Gelasius I menjadikan upacara Romawi Kuno ini menjadi Hari Perayaan Gereja dengan nama Saint Valentine untuk menghormati St.Valentine yang kebetulan mati pada 14 Februari. upacara kuna bangsa romawi ini dinamakan lupercalia..Perayaan Lupercalia adalah rangkaian upacara pensucian di masa Romawi Kuno (13-18 Februari). Dua hari pertama, dipersembahkan untuk dewi cinta (queen of fe-verish love) Juno Februata. Pada hari ini, para pemuda mengundi nama-nama gadis di dalam kotak. Lalu setiap pemuda mengambil nama secara acak dan gadis yang namanya keluar harus menjadi pasangannya selama setahun untuk senang-senang dan obyek hiburan. St.Valentine sendiri adalah nama seorang MARTYR(dalam islam SYUHADA), yang dikenal karna kedermawananya, sehingga diberi gelar 
Saint atau Santo.
Pada tanggal 14 february St. Valentine dibunuh karena pertentangan dengan raja romawi yaitu raja CLAUDIUS II, pada waktu itu raja claudius II melarang pemuda menikah pada masa perang, tetapi St.valentine malah menikahkan pemuda(prajurit) secara diam2< sehingga dia ditangkap dan dibunuh,,kemudian oleh para pengikutnya harkemtia St.Valentine diperingati sebagai upacara keagamaan kerena beliau dijadikan simbol ketabahan dalam menghadapi cobaan hidup,dan keberanian, namun pada abad ke 16- upacara itu sudah mulai dihilalangkan. dan berubah menjadai perayaan bukan keagamaan, kemudian valentine dihubungkan dengan pesta jamuan kasih sayang bangsa Romawi kuno yang disebut “Supercalis” yang jatuh pada tanggal 15 Februari. kemudianB berkembang lagi hingga sekarang dengan tradisi valentine yang bertukar hadiah,coklat,dsb.

hukum merayakan Valentine bagi MUSLIM
 memperingati kematian MARTYR(syuhada orang Nasrani)???
kenapa kalo kematian st.valentine diperingati tapi perayaan2 islam seolah-olah dilupakan???

“ Dan janglah kamu megikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabnya”. (Surah Al-Isra : 36)

Hadis Rasulullah s.a.w:“ Barang siapa yang meniru atau mengikuti suatu kaum (agama) maka dia termasuk kaum (agama) itu”.
Firman Allah s.w.t. dalam Surah AL Imran (keluarga Imran) ayat 85 :“Barangsiapa yang mencari agama selain agama Islam, maka sekali-sekali tidaklah diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi”.

Pada umumnya acara Valentine Day diadakan dalam bentuk pesta pora dan huru-hara.
Perhatikanlah firman Allah s.w.t.:“Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaithon dan    syaithon itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya”. (Surah Al Isra : 27)
Surah Al-Anfal ayat 63 yang berbunyi : “…walaupun kamu membelanjakan    semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat    mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati    mereka. Sesungguhnya Dia (Allah) Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”.
  Sudah jelas ! Apapun alasannya, kita tidak dapat menerima kebudayaan import dari luar yang nyata-nyata bertentangan dengan keyakinan (akidah) kita. Janganlah kita mengotori akidah kita dengan dalih toleransi dan setia kawan. Kerana kalau dikata toleransi, Islamlah yang paling toleransi di dunia.

  mau jadi orang murtad???,
mau jad saudaranya syaiton?????
jawabannya ada pada hati masing-masing...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar